Makanan Khas Purwokerto

Makanan Khas Purwokerto - Bagi Informasi seputar Purwekerto nih, Salah satu aktifitas yang asyik ketika berada di kota Purwokerto adalah berburu kulinernya. Kota Purwokerto menyajikan beraneka macam kuliner yang bikin ngiler setiap orang yang mencari kelezatan hidangan khas nusantara. Kuliner-kuliner Purwokerto yang wajib pas kamu berkunjung ke kota satria ini banyak macam ragamnya. Yuk Mari Kita Simak


Makanan Khas Puwokerto

1. Mendoan
Makanan yang terbuat dari tempe yang tipis/diiris tipis kemudian digoreng dengan tepung yang diberi bumbu dan digoreng setengah matang. Sdgkan kata mendoan dianggap berasal dari bahasa Banyumasan, mendo yang berarti setengah matang atau lembek. Mendoan berarti memasak dengan minyak panas yang banyak dengan cepat sehingga masakan tidak matang benar. Bahan makanan yang paling sering dibuat mendoan adalah tempe dan tahu.


2. Lumpia Bom
Mendengar kata lumpia kota pertama yang terlintas di pikiran adalah kota Semarang, karena memang aslinya lumpia merupakan kuliner khas yang berasal dari kota Semarang, ibu kota provinsi Jawa Tengah, tapi lain di Semarang lain di Purwokerto, karena lumpia bom yang ada di Purwokerto memang berbeda dari lumpia yang ada di Semarang baik dari segi cita rasa, penyajian maupun dari segi ukuran.


Lumpia Bom yang ada di Purwokerto mempunyai ukuran yang lebih besar dari lumpia yang ada di Semarang, berukuran panjang kira-kira 15-20 cm, dengan diameter sekitar 4 cm, disajikan bersama nasi dan lalapan beserta sambal yang ekstra pedas, nendang banget deh, disinilah uniknya penyajian lumpia bom, karena menggunakan nasi dan lalapan sebagai pendamping saat makan, pastinya akan membuat kenyang siapa saja yang memakannya. Soal rasa tak perlu diragukan lagi, lumpia bom memberikan sensasi perpaduan rasa yang begitu lezat dan nikmat, yang akan menggoyang lidah semua orang yang memakannya,, soalnya lumpia bom terbuat dari macam-macam sayuran segar dan dicampur dengan bahan lain seperti telur, daging, ataupun sea food, tergantung dari jenis lumpia bom yang dipesan.

Lumpia bom terdiri dari beberapa jenis variasi rasa, antara lain: lumpia bom ayam, lumpia bom bakso, lumpia bom daging, lumpia bom sosis, lumpia bom ati, lumpia bom jamur, lumpia bom seafood cumi, dan lumpia bom udang. Harga untuk satu porsi lumpia bom juga terbilang murah dan terjangkau untuk semua kalangan termasuk untuk dompet pelajar dan mahasiswa.

3. Dage
Dage adalah makanan sebagai varian tempe dengan campuran material kelapa. Dage pada umumnya makan makanan kecil atau sarapan yang ditemani oleh cabai rawit . Makanan ini biasanya menjual digoreng dage bersama dengan menggoreng pisang (gedhang) goreng, dan menggoreng ubi manis atau munthul goreng. Makanan itu adalah rasa eksotis.


4. Gudeg Purwokerto
Gudeg biasanya menunjuk makanan asli dari Yogyakarta, tetapi Purwokerto juga mempunyai gudeg yang berbeda. Gudeg purwokerto dijual sekitar jam 7 pagi dan akan dijual habis di sekitar jam 10 pagi. Gudeg ini Purwokerto, terdiri dari beberapa campuran: ayam, telor, tahu dan krecek tergantung pada piilihan mu, dan dapat di bungkus untuk dimakan di rumah


5. Soto Sokaraja
Soto Sokaraja atau oleh masayarakat Purwokerto dan sekitarnya lebih lazim disebut sroto sokaraja memang berasal dari sokaraja, salah satu daerah di kabupaten Banyumas, namun begitu, tak sulit menemukan menu soto ini di hampir setiap sudut tempat yang menjual aneka kuliner di kota Purwokerto. Soto ini mempunyai rasa yang berbeda dari kebanyakan soto yang ada pada umumnya, karena soto ini menggunakan kuah kacang dan dipadu dengan ketupat, yang pastinya menggugah selera makan bagi siapa saja yang mencium aromanya. Rasa dan aroma dari soto sokaraja ini gurih, manis, dan yang pasti nikmat. Harga dari semangkok soto sokaraja juga terjangkau oleh semua kalangan, jadi soto sokaraja selain enak tapi juga ekonomis.


6. Serabi
Serabi terbuat dari campuran santan dan gula jawa yang dibakar. Rasa serabi nya adalah terkenal dan tak terlupakan juga. Kadang-Kadang, antrian yang dibentuk hanya untuk mencicipi serabi pagi-pagi. Serabi nya akan dijual habis di sekitar 7 ke 8am.


7. Gethuk Sokaraja
Gethuk menjadi keahlian khusus makanan kecil makanan yang kelihatan seperti bola kecil dengan rasa sangat manis, gethuk banyak dijual di kota Sokaraja (sekitar bagian timur kota Purwokerto). Karena kebanyakan toko di Sokaraja menjual gethuk, Sokaraja terkenal sebagai kota gethuk


Huaaah, Masih banyak loh makanan Khas dari Purwokerto, silahkan berkunjung lagi ke kota satria ini, dan rasakan segala macam makanan yang memanjakan lidah anda, semoga tulisan ini bisa ikut menjadi salah satu referensi bagi anda pecinta kuliner nusantara yang ingin mencoba kuliner yang ada di Purwokerto dan sekitarnya.

Makanan Khas Purwokerto Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

1 comments: