Makanan Khas Samarinda

Makanan Khas Samarinda - Pada postingan kali ini kita akan membahas tentang Kuliner yang berasal dari Samarinda yang patut anda coba atau anda beli untuk dijadikan oleh oleh jika anda mengunjungi kota ini. Nah dibawah ini ada beberapa daftar makan khas yang berasal dari Samarinda

Makanan Khas Samarinda


1. Amplang
Amplang ini sejenis kerupuk yang berbentuk kotak atau lonjong, kebanyakan sih berbentuk lonjong pendek sebesar jari tangan, jadi pas untuk satu suapan. Yah, mirip mirip ama kerupuk ikan tenggiri deh.


Amplang ini terbuat dari Tepung Tapioka, rempah rempah/bumbu dan ikan. Rasanya asin gurih dan tentunya kriuk kriuk renyah, bisa dimakan langsung ataupun untuk Lauk nasi.

2. Gula Galit
Gula Gait adalah makanan khas Samarinda yang terbuat dari Gulan Aren dan Gula putih semacam karamel dan di bentuk serupa kayu. Tapi rasanya menggoda di lidah karena manisnyanya yang sangat legit.


Rasanya juga nggak terkalahkan dengan gulali loh. Yang mau coba silakan mencoba makanan khas kalimantan ini. Rasanya TOP BEDA dah dengan cemilan yang kita makan sehari-hari.

3. Lempok Durian
Lempok adalah dodol yang dikenal di daerah lain. Kata lempok selalu diasumsikan sebagai dodol durian, karena lempok hampir tidak dikenal dibuat dengan bahan utama lain selain durian. Jika anda berkunjung ke Samarinda, saya rasa ini adalah salah satu makanan yang harus anda beli


4. Keminting
makanan khas samarinda ini adalah sejenis kue kering yang bentuknya unik dan imut seperti buah kemiri, makanya disebut Keminting.
Dibuat dari bahan dasar tepung terigu dengan tekstur yang nampak keras diluar namun renyah ketika digigit. Meskipun tidak sepopuler amplang atau lempok tapiasanya yang enak membuat kue ini banyak dicari sebagai oleh – oleh dari Samarinda.


Nah, itulah 4 Makanan Khas yang berasal dari Samarinda, Jika anda berkunjung ke Samarinda tetapi tidak mencicipi salah satunya, mungkin rugi bagi anda yang hobby berkulinerria. Semoga artikel ini bermanfaat untuk teman teman yang sedang mencari Refrensi tentang Makanan Khas Samarinda

Makanan Khas Samarinda Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment