Makanan Khas Maluku Utara

Makanan Khas Maluku Utara - Ya kali ini akan berbagi Informasi tentang makanan Khas yang ada di Maluku Utara. Yang unik adalah makanan laut berlimpah di Maluku Utara. Berbagai hidangan nasi dan ikan patut untuk Anda coba. Cicipi juga minuman dingin khas saat cuaca panas.

Nah dibawah ini beberapa Masakan Khas Maluku Utara yang bisa menggugah Selera anda

Makanan Khas Maluku Utara


1. Gohu ikan
Makanan Khas ini dibuat dari ikan tuna mentah. Tidak heran bila banyak orang menyebutnya sebagai sashimi Ternate. Umumnya, di Ternate, gohu ikan dibuat dari ikan tuna (yellowfin tuna = Thunnus albacares). Bila tuna sedang tidak musim, ikan cakalang (skipjack) juga dapat dipakai – sekalipun teksturnya tidak semulus tuna.


Daging tuna segar (baca: mentah!) dipotong kecil-kecil, dicuci, kemudian dilumuri dengan garam dan perasan lemon cui (semacam jeruk nipis yang harum dan dalamnya berwarna kuning-jingga), kemudian dicampur dengan rajangan kasar daun balakama (kemangi). Bawang merah dan cabe rawit (disebut rica gufu di Ternate) dirajang kasar, lalu ditumis dengan sedikit minyak kelapa. Minyak kelapa panas dengan bawang merah dan cabe rawit ini kemudian dituangkan ke potongan ikan tuna mentah. Kemudian ditaburi kacang tanah goreng yang ditumbuk kasar.

2. Gatang Kenari
Salah satu makanan Khas Maluku Utara yang sangat terkenal, Getang kenari, atau biasa orang menyebutnya ketam kenari = kepiting kenari, Kepiting kenari adalah satwa darat yang pintar memetik dan mengupas buah kelapa, serta menjadikannya makanan kegemaran mereka. Karena itulah kepiting kenari dianggap lebih gurih dan manis dagingnya dibanding kepiting biasa.


3. Halua Kenari
Halua Kenari atau dalam bahasa Inggris 'Java Almond Fudge', merupakan cemilan manis yang sangat digemari banyak penikmat. Halua kenari terkenal dengan rasanya yang manis dengan cita rasanya yang unik.


Terbuat dari gula khas, Gula Merah yang kemudian dicampur dengan buah kenari,membuat jajanan yang satu memiliki banyak penikmat karena rasanya yang manis dengan citarasa yang unik.

4. Papadea
Papeda atau bubur sagu itulah makanan pokok di daerah Maluku dan Papua. Makanan pengganti nasi ini terbuat dari tepung sagu dan diolah oleh para penduduk di pedalaman Papua.


Papeda biasanya disajikan bersama ikan kuah kuning yang dibumbui kunyit dan jeruk nipis. Cara menyantap makanan ini pun cukup unik yaitu dengan menggunakan sumpit yang dipegang oleh kedua tangan, diputar dengan cepat sehingga menyerupai gulungan, kemudian dituang dalam piring, serta diberi kuah ikan kuning.

5. Bagea
Makanan yang terbuat dari tepung tapioka, gula, telur, dan kenari cincang ini memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Karena itu, bagea kenari sangat terkenal di Ternate. Dan untuk memperolehnya tidaklah sulit. Dari Bandara Sultan Babullah kita hanya menempuh perjalanan selama 15 menit menuju toko penjual khas bagea kenari di Jalan Revolusi dan Nukila Ternate.

Ummm, nyummy itulah 5 Makanan Khasa Maluku utara yang setidaknya wajib anda coba jika berkunjung ke Maluku utara, jangan sampai nyesel gak pernah mencobanya.

Makanan Khas Maluku Utara Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

1 comments: